Aplikasi Android Satu Ini Diklaim Bisa Gusur Mesin EDC

Aplikasi Android Satu Ini Diklaim Bisa Gusur Mesin EDC

Aplikasi Android Satu Ini Diklaim Bisa Gusur Mesin EDC
Nicko Ardhana
Friday, September 19, 2014

Transaksi di berbagai merchant lebih mudah dengan kehadiran mesin Electronic Data Capture (EDC). Namun, aplikasi yang satu ini diklaim bisa mempermudah transaksi pembayaran yang dilakukan nasabah bank di merchant.

Aplikasi mobile tersebut bernama MyBank, yang digagas oleh Asosiasi Android Indonesia (Asanda). Ketika transaksi, pengguna MyBank tinggal memilih menu transfer atau fitur lainnya untuk membayar sesuai nilai belanja yang harus dibayarkan.

"Aplikasi ini akan mempermudah proses transaksi antara nasabah dengan berbagai toko tempat berbelanja. Mereka bisa tinggal pakai fitur transfer atau cara pembayaran yang ada di MyBank," ungkap Sonny K. Dhaniswara, Ketua Umum Asanda.

Bahkan, Sonny mengaku aplikasinya ini mampu mengerjakan tugas yang biasa dilakukan oleh mesin EDC. Caranya, merchant dan pembeli harus memiliki aplikasi MyBank di perangkat mobile mereka masing-masing.

"Kalau keduanya sudah pakai aplikasi MyBank sistem transfer bisa dilakukan hanya dengan menempelkan kedua smartphone setelah memasukkan otentifikasi yang tersedia di dalamnya," tambah Sonny kepada tim Tekno Liputan6.com di restoran Bebek Bengil, Jakarta.

Lebih lanjut, Sonny menjelaskan pihaknya memang berencana membuat aplikasi MyBank agar bisa dipakai banyak kalangan untuk mempermudah bertransaksi. Pengusaha kelas menengah dan kecil (UKM) ditargetkan menjadi pasar penggunanya di masa depan.

"Gubernur Jawa Barat sebelumnya mengumpulkan UKM untuk membuat program. Setelah terkumpul 1,5 juta UKM programnya gagal karena tak ada bank yang mampu menyediakan mesin EDC sebanyak itu. Aplikasi MyBank mungkin bisa jadi solusinya," ungkap Sonny lagi.

Soal keamanan, Sonny mengklaim aplikasi yang berjalan di perangkat Android ini telah memiliki standar keamanan yang sangat tinggi dan sangat baik. Meski begitu, dirinya tak mau sesumbar bahwa aplikasi buatannya tak akan pernah dijebol para hacker.

"Saya yakin secara keamanan MyBank sangat tangguh. Tapi gak bisa juga bilang ini gak akan bisa diretas, hanya saja kita akan jaga dan tingkatkan terus kualitas keamanannya biar tetap aman," tandasnya.

Source: tekno.liputan6.com
Aplikasi Android Satu Ini Diklaim Bisa Gusur Mesin EDC
4/ 5
Oleh

Terimakasih Telah Membaca Postingan dari Kami, Silahkan berkomentar di blog ini;
1. Bukan komentar berbentuk SARA, Kekerasan, Asusila.
2. Say no to spammer, this is not twitter!!!
3. Link Aktif otomatis tidak tampil. Gunakan OpenID atau Name/URL!!!